Selasa, 06 Oktober 2015

TECH-NOW-PRENEUR

Orang-orang mungkin sering mendengar kata kata “entrepreneur”. Ya, entrepreneur lebih dikenal sebagai wirausahawan oleh orang awam. Lalu kini mulai muncul sebutan technopreneur, kata-kata yang hampir mirip dengan entrepreneur namun berbeda arti. Lalu apakah technopreneur tersebut? Apakah ia juga wirausahawan? Mungkin iya mungkin juga tidak. Oleh karena itulah, artikel ini dibuat dengan tujuan ingin menjelaskan pada pembaca mengenai apakah technopreneur tersebut. Penulis memilih judul “Tech-Now-Preneur” dengan asumsi inilah saatnya (now) untuk memadukan technologi dan entrepreneur. Technopreneurship merupakan kata yang terdiri dari dua hal, yakni :
Techno logy                 : Teknologi
Entrepreneurship         : Wirausaha/bisnis
Jadi, secara garis besar technopreneurship bermakna wirausaha/bisnis yang berdasarkan akan teknologi. Seorang technopreneurship merupakan orang yang menawarkan barang-barang/jasa yang berkaitan dengan teknologi dan memiliki nilai bisnis. Jadi mudahnya, technopreneurship adalah pelaku bisnis yang mana cakupan dari bisnisnya yakni di bidang teknologi.
Contoh : Microsoft (produksi), e-bay (marketing), online shop (jasa), dll.
Sebagai seorang technopreneur, kita dituntut untuk memiliki beberapa keterampilan di dalam hidup ini. Keterampilan-keterampilan tersebut yakni:
Keterampilan dalam menulis, keterampilan manajemen, keterampilan kewirausahaan. 
Beberapa keterampilan ini, membedakan pengusahadari manajer termasuk disiplin, pengambil risiko, inovatif, teguh, kepemimpinan visioner, dan yang berorientasi perubahan

Dari pernyataan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa technopreneur adalah mereka yang memiliki kreatifitas, inovasi, merasa nyaman bekerja dengan teknologi, berani mengambil resiko, selalu ingin tahu akan suatu hal, dan tidak melakukan hal-hal hanya untuk mencari keuntungan semata. Di masa sekarang ini, amatlah dibutuhkan sumber daya manusia yang berlandaskan keterampilan-keterampilan seorang technopreneur. Karena kita dituntut untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan yang kuat dan dapat berdiri sendiri, bukan hanya menjadi pekerja yang mana hanya mengekor dan tak tak dapat melakukan sebuah perubahan. Hal-hal itu amatlah perlu guna membangun bangsa ini, bangsa Indonesia , untuk menjadi bangsa yang kompetitif, inovatif, dan kreatif dalam lingkup persaingan secara global dengan negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar